Tiket Pesawat Murah

Tiket Pesawat Murah

Menyaksikan Cenderawasih Menari di Desa Sawingrai


DARI 17 ribu lebih pulau-pulau di Indonesia, masih banyak desa tradisional yang dihuni suku setempat. Mereka bahkan masih melakoni ritual budayanya. 

Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Indonesia.Travel: 

Menyaksikan Cenderawasih Menari di Desa Sawingrai
Desa Sawingrai, Raja Ampat 


Raja Ampat, Papua Barat, tak hanya indah alam bawah lautnya, tapi juga punya kekayaan fauna yang menarik. Bila ke Raja Ampat, jangan lupa berkunjung ke Desa Sawing Rai untuk melihat burung khas Papua, burung cendrawasih. 

Desa Sawing Rai terletak di Distrik Meos Mansar, Raja Ampat. Desa ini adalah salah satu desa populer di Raja Ampat, setelah Desa Arborek. 

Keunikan Desa Sawing Rai adalah menjadi habitat bagi burung cendrawasih atau disebut juga Red Bird of Paradise. Ada empat spesies cendrawasih yang dapat ditemui di sekitar desa ini, yaitu Cendrawasih Merah, Cendrawasih Belah Rotan, Cendrawasih Kecil, dan Cendrawasih Besar.  

Cendrawasih Merah sendiri adalah ikon Desa Sawinggrai. Kabarnya, atraksi cendrawasih yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Desa Sawing Rai bermula dari keuletan seorang Yesaya Mayor. Selama berbulan-bulan, dia memetakan lokasi mencari makan berikut jenis makanan burung ini, untuk musim kawin dan musim bertelur. 

Pada musim kawin, burung cenderwasih jantan akan melakukan gerakan serupa tarian demi memikat betina. Yesaya Mayor berhasil memetakan tempat burung cantik ini menari hingga dia menjadi pemandu pemantauan burung cendrawasih, terutama untuk menyaksikan atraksi burung menari.  

Atraksi unik dan eksotis dari burung yang senang menebar pesona ini dapat dinikmati sebab masyarakat Desa Sawing Rai tidak memburu cendrawasih di hutan-hutan mereka. Untuk menyaksikan atraksi burung cendrawasih menari, sebaiknya Anda datang pada waktu selain Desember dan Februari. Bulan-bulan tersebut adalah musim bertelur bagi burung cendrawasih betina, karenanya atraksi menari tak akan dapat disaksikan. 

Untuk sampai ke Desa Sawing Rai, Anda terlebih dahulu harus terbang ke Kota Sorong. Dari Sorong kemudian lanjutkan perjalanan laut menuju Waisai, Ibu Kota Raja Ampat. Dari Waisai, lanjutkan lagi perjalanan dengan kapal menuju Desa Sawing Rai. Untuk sampai di lokasi atraksi cendrawasih menari, Anda harus terlebih dahulu mendaki Bukit Manjai selama sekira 30 menit.

Sumber

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a reply