Tiket Pesawat Murah

Tiket Pesawat Murah

Tips Merencanakan Liburan Sekolah



     Pernah merencanakan liburan sekolah secara mendadak atau last minute? Tentunya liburan kalian tidak berjalan sesuai rencana dan kurang lancar tanpa persiapan yang matang. Perencanaan seperti mencari ide liburan, membandingkan harga tiket pesawat, reservasi hotel, dan lain-lain memang sangat penting sebelum liburan sekolah mulai. Berikut ini tips-tips merencanakan liburan bersama keluarga dan/atau teman-teman:
 
- Tentukan tujuan liburan kalian. Setelah itu, cobalah mencari informasi lewat Internet atau buku travel mengenai tempat-tempat wisata menarik di kota atau negara tujuan kalian. Sebelum tiba di tempat tujuan, kalian sudah seharusnya tahu beberapa tempat yang akan kalian kunjungi supaya kalian bisa menghemat waktu setelah sampai di sana.
 
- Tanggal liburan sekolah anak-anak memang sudah diketahui sejak awal tahun ajaran. Tetapi bagi kalian yang bekerja dan berencana untuk berlibur sekeluarga, mintalah ijin cuti dari kantor kalian jauh-jauh hari sebelumnya, atau ketika kalian sudah menentukan tujuan liburan dan tanggal keberangkatan atau kepulangan. Karena kalau meminta ijin cuti terlalu dekat dengan tanggal liburan, bisa-bisa permintaan kalian ditolak oleh kantor.
 
- Cari tahu tentang transportasi kalian. Apakah kalian akan menggunakan mobil, kereta, atau pesawat? Kalau dengan pesawat, pastikan kalian memesan tiket pesawat online jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Karena dengan begitu, kalian bisa mendapatkan tiket pesawat murah. Juga, kalau book tiketnya terlalu dekat, ada kemungkinan kalian bisa kehabisa tiket, yang menyebabkan gagalnya rencana liburan.
 
- Buatlah reservasi hotel setelah memesan tiket pesawat. Bila kalian menggunakan travel agency atau biro perjalanan, biasanya kalian bisa memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus. Atau untuk menghemat biaya dan waktu, kalian bisa juga memesan paket wisata domestik atau paket tour internasional. Cari tahu dulu lokasi hotel kalian. Jangan terlalu jauh dari tempat-tempat wisata di kota itu, tetapi untuk mendapatkan harga yang lebih murah, hindari hotel di pusat kota.
 
- Cari tahu tentang kegiatan dan cara mencapai tempat-tempat wisata, baik dengan transportasi umum atau dengan menyewa kendaraan. Lebih baik lagi bila kalian mempunyai perkiraaan harga-harga aktivitas dan transportasi di sana, jadi kalian bisa mempersiapkan dana sejak awal.
 
- Menabunglah jauh-jauh hari sebelum liburan. Kehabisan uang saat liburan adalah mimpi buruk semua wisatawan. Karenanya, sediakan budget / anggaran ekstra di luar perencanaan kalian.
 
- Pelajari sedikit kebudayaan tempat tujuan kalian, terutama kalau kalian berwisata ke negara asing. Terkadang ada bahasa tubuh yang tidak akan menjadi masalah di Indonesia, tetapi di beberapa negara dinilai tidak sopan.
 
- Pelajari juga tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di negara tujuan. Misalnya, di beberapa negara, kalau meludah di jalan umum, kalian bisa ditangkap polisi, dll.
 
- Persiapkan barang bawaan kalian secara teliti. Bawa barang-barang yang kalian anggap penting seperti charger kamera dan handphone, sunscreen, travellers check, konverter colokan, dll. Pastikan kalian meninggalkan rumah beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan agar tidak ketinggalan pesawat.


This entry was posted in , . Bookmark the permalink.

Leave a reply