Tiket Pesawat Murah

Tiket Pesawat Murah

Danau Tertua di Dunia, Inspirasi Film Avatar 2


RUSIA memiliki banyak danau-danau besar. Namun tak ada dari danau-danau itu yang mengalahkan kecantikan dan legendarisnya Danau Baikal.

Danau Baikal besarnya mungkin kurang dari sepersepuluh danau-danau lain di Rusia. Namun danau ini memiliki air lebih banyak dari danau manapun di negara tersebut. Tentu saja, Danau Baikal adalah danau air tawar terdalam di dunia.

Danau ini merupakan Situs warisan dunia UNESCO yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat Kota Irkutsk. Nama ini berasal dari kata Tatar "Bai-Kul", artinya "danau kaya". Dia juga dikenal dengan "Mata Biru Siberia".

Danau Baikal memiliki seperlima dari air tawar yang ada di dunia. Bahkan saking dalamnya, air di Danau Baikal bisa menjadi sumber air minum seluruh penduduk bumi untuk 50 tahun!

Danau Baikal juga merupakan danau tertua di dunia. Ia terletak diantara dua celah kontinental dan dua lempeng kerak bumi, yang setiap tahunnya bergerak satu inci. Semakin hari, Danau Baikal justru menjadi semakin dalam.

Satu lagi 'gelar' danau ini, yaitu danau paling bening di bumi. Saat musim panas Anda bisa melihat pemandangan sekitar Danau Baikal memantul di permukaan danau ini, dan Anda bisa melihat ke dalam danau dari permukaan air hingga 130 meter lebih, demikian seperti dikutip dariHuffingtonPost, Minggu (8/9/2013).

Sutradara Avatar James Cameron pun terinpirasi dengan kedalaman misterius Danau Baikal. Pada 2010, ia mencoba menyelami danau ini dan kemudian mengumumkan bahwa sekuel film Avatarakan diinspirasikan oleh kehidupan dalam danau ini.

Sumber

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a reply